program studi Pendidikan Sendratasik mengadakan workshop revisi kurikulum yang dilakukan pada tanggal 23 s.d. 24 Agustus 2014.

kaprodi-sendratasik-fkip-unsyiah

Sesuai dengan UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas, kurikulum pendidikan tinggi dikembangkan  olah satuan pendidikan tinggi. oleh karena itu, program studi pendidikan seni drama, tari dan musik (Sendratasik) FKIP Unsyiah menyususn dan menyesuaikan kurikulum dengan kebutuhan prgram studi dan menyesuaikan dengan kurikulum Fakultas dengan menampung berbagai masukan dari berbagai pihak. Untuk menyusun kurikulum pendidikan Sendratasik itu, program studi Pendidikan Sendratasik mengadakan workshop revisi kurikulum yang dilakukan pada tanggal 23 s.d. 24 Agustus 2014.
Tujuan revisi kurikulum itu dilakukan untuk pengembangan kurikulum dan penyesuaian dengan kurikulum Fakultas dan Kerangka Kurikulum Nasional Indonesia (KKNI). Dengan demikian, kurikulum Pendidikan Sendratasik akan lebih baik, guna mewujudkan profil lulusan calon guru yang lebih baik.
Pada saat perumusan kurikulum program studi Pendidikan Sendratasik  mengacu pada empat kompentensi guru sebagaimana diatur di dalam UU RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen dan Perpres Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Kurikulum Pendidikan Sendratasik juga mengikuti perkembangan terkini tentang kompentensi guru untuk menyelasaikan persoalan-persoalan nasional sepeti distribusi, ketidakselarasan, optimalisasi peran guru, termasuk kebutuhan guru di daerah.
Progran studi pendidikan Sendratasik saat ini sudah melakukan revisi kurikulum yang sesuai dengan KKNI. Kurikulum ini disusun dengan melibatkan berbagai stakholder, oleh karena itu, kami berterimakasih kepada pimpinan Fakultas, semua dosen Pendidikan Sendratasik, guru Seni Budaya di sekolah menengah, alumni, mahasiswa, dan beberapa pakar. Kami juga berterima kasih kepada keynotspeeker dari UNJ yakni Dr. Erlindra Yetti, M.Pd.
Dengan demikian, kurikulum Pendidikan sendratasik FKIP Unsyiah sekarang sudah merupakan sebuah kurikulum yang tunggal yang menampung semua mata kuliah dari bidang-bidang seni yang dibutuhkan untuk mempersiapkan calon guru seni budaya di sekolah menengah (SMP/SMA), seniman dan pencipta seni.
Revisi kurikulum program studi Pendidikan sendratasik FKIP Unsyiah tentunya tidak hanya sampai di sini. Kurikulum ini akan terus dikaji dan direvisi sesuai dengan perkembangan pendidikan dan perkembangan zaman berdasarkan kapasitas Program studi Pendidikan Sendratasik sebagai program studi pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

903 kali dilihat, 2 kali dilihat hari ini

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine + ten =