Visi dan Misi

visi

VISI, MISI, TUJUAN DAN SASARAN, SERTA STRATEGI PENCAPAIAN

1.1 Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaran serta Strategi Pencapaian
1.1.1 Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran program studi, serta pihak-pihak yang dilibatkan.
Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran PS Pendidikan Sendratasik dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh staf dosen, mahasiswa dan pemangku kepentingan terkait antara lain alumni, guru seni budaya, stakeholder, dan Dinas Pendidikan.Penyusunan dilakukan secara bertahap dan merujuk pada berbagai acuan sehingga dihasilkan rumusan akhir tentang Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi (PS) Pendidikan Sendratasik, serta strategi pencapaiannya.Penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Program Studi (PS) Pendidikan Sendratasik didasarkan :
1. Master plan Universitas Syiah Kuala (Unsyiah)
2. Renstra Universitas Syiah Kuala tahun 2007-2012 dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) tahun 2014
3. Dokumen penjaminan mutu akademik FKIP Unsyiah Tahun 2016
4. Rencana Induk Pengembangan
5. Dokumen Evaluasi Diri PS Pendidikan Sendratasik tahun 2014
6. Mempelajari informasi tentang visi, misi, dan tujuan PS Pendidikan Sendratasik pada berbagai Universitas di dalam negeri.
7. Merujuk informasi tentang potensi sumber budaya seni dan peluang pengelolaannya pada tingka tlokal, regional, nasional, dan Internasional.
8. Masukandari alumni danparapihak yang berkaitandengankesesuaianantaramuatankurikulum yang disediakandenganpeluang yangtersediaataukebutuhanpenggunalulusan.
9. Melakukan/merumuskanevaluasidiri PS Sendratasik.
10. Penetapan Visi, Misi, tujuan dan strategi PS Pendidikan Sendratasik.
1.1.2 Visi
Pada tahun 2025 Program Studi Pendidikan Sendratasik dapat menghasilkan pendidik seni drama, tari dan musik yang profesional, inovatif, mandiri, dan terkemuka serta peka terhadap kearifan lokal pada tingkat Nasional.

1.1.3 Misi
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang inovatif dalam bidang pendidikan seni drama, tari dan musik.
2. Melaksanakan penelitian dan pengkajian dalam rangka mengembangkan dan menerapkan disiplin ilmu seni drama, tari dan musik dan pengajarannya.
3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan seni drama, tari dan musik dengan menghargai nilai-nilai kearifan lokal.
4. Membangun kerjasama yang sinergis dengan berbagai pihak, baik secara vertikal maupun horizontal.

1.1.4 Tujuan
1. Menghasilkan guru yang memiliki kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial.
2. Menghasilkan tenaga sumber daya yang mampu melakukan penelitian dalam pembelajaran seni drama, tari dan musik
3. Menghasilkan guru yang mampu menerapkan ilmu dan keterampilan seni drama, tari dan musik.
4. Menghasilkan tenagasumber dayayang mempu menjalin kerja sama dengan berbagai pihak secara vertikal maupun horizontal.

1.1.5 Sasaran dan Strategi Pencapaiannya
Untuk mencapai tujuannya, Program Studi Pendidikan Sendratasik FKIP Unsyiah berdasarkan Rencana Induk Pengembangan periode2013-2018 dan Rencana Strategis FKIP 2010-2014 periode menetapkan sasaran dan strategi pencapaiannya sebagai berikut:
1. Meningkatnyakualitas proses pembelajaran di Program Studi PendidikanS endratasik
Untuk mencapai sasaran ini, strategi yang dilakukan adalah sebagai berikut:
a. Meningkatkan kualitas dan kuantitas fasilitas laboratorium/studio.
b. Memanfaatkan studio untuk kegiatan praktek lapangan
c. Merintis penelitian pendidikan dan seni untuk menunjang proses pembelajaran.
d. Meningkatkan kualitas pelayanan dan keterampilan tenagalaboran/studio
e. Meningkatkan kualitas akses informasi ilmu pengetahuan melalui penyediaan jaringan internet dan labolatorium/studio.
f. Memberi kesempatan dan dukungan kepada dosen untuk melakukan pengembangan penguasaan bidang keilmuan dengan mengikuti pelatihan penguatan bidang ilmu dan atau melanjutkanpendidikan.
g. Meningkatkaniklimakademikmelaluipeningkatankualitasdankuantitaspertemuanilmiahbaiknasionalmaupuninternasional.
h. Mengoptimalkanperandanfungsi Tim PengendaliMutuAkademikProgram StudiPendidikanSendratasik, terutamadalammengevaluasikinerjaakademikProgram Studi.

2. Meningkatnyakuantitasdankualitaspenelitiansertapublikasi di
ProgramStudiPendidikanSendratasik.
Untukmencapaisasaranini, strategi yang dilakukanadalahsebagaiberikut:
a. Mendorongdanmemberidukungankepadastafdosenuntukmeningkatkankuantitasdankualitaspenelitiannyagunamemperkuat basiskeilmuandalamkelompokbidangminatnya (Peer Groups).
b. Mendorongstafdosenuntukmeningkatkanjumlahmahasiswa yangdiikutsertakandalamproyekpenelitiannya.
c. Menjalindanmeningkatkankerjasamapenelitianstafdosen PS PendidikanSendratasikdenganberbagaiinstitusidanlembaga di tingkatlokal, regional, nasional,daninternasional.
d. Mendorongdanmemberidukungankepadastafdosenuntukmempublikasikanhasil-hasilrisetnyamelaluiberbagai media publikasiilmiahmaupunmelaluiberbagaipertemuanilmiah.
3. Meningkatnyakerjasamakemitraan Program StudiPendidikanSendratasikdenganberbagaiinstitusidanlembaga
Untukmencapaisasaranini, strategi yang dilakukanadalahsebagaiberikut:
a. Meningkatkanjalinankerjasamadenganinstansidanlembagaterkait yangtelahberjalan, danmembukajalinankerjasamabarudenganinstansi/lembagalainnya.
b. Berperanaktifdalamberbagaikegiatan yang membawakontribusipositifbagiupayapromosidanmemperkenalkankeberadaan PS PendidikanSendratasikkepadaparapihakdanmasyarakatluas.

4. MeningkatnyaKeterampilanLulusan Program StudiPendidikanSendratasik
a. Meningkatkankuantitasdankualitaskegiatan Co-kurikulerdanekstrakurikulerbagimahasiswa, sepertipelatihan, kursussingkatdan lain,yang menunjangpeningkatanketerampilandandayasaing.
b. MeningkatkankeikutsertaanHimpunanMahasiswaSendratasik (Himasendratasik) dalamkegiatan Program Studi (PS) yang dapatmendukungtumbuhkembangnyajiwamandiri.
c. MengoptimalkanfungsiHimpunanMahasiswaSendratasik (Himasendratasik) sebagaiwadahuntukmemupukjiwakepemimpinandanwirausahabagimahasiswa.
1.2 Sosialisasi

Upayapenyebaran/sosialisasivisi, misidantujuan program studisertapemahamansivitasakademik (dosendanmahasiswa) dantenagakependidikan

Visi, misidantujuan PS PendidikanSendratasiktelahdipahamidengansangatbaikolehsivitasakademika. Proses sosialisasikepadaseluruhkomponenmelaluibeberapacara, yaitu:
1) Berupa poster/banner yang ditempatkandalamlingkungan Program Studi PendidikanSendratasik, sepertibagianutamaruangadministrasi, ruang seminar,laboratorium, ruangbaca, studio komputer, dankomisariatHimasendratasik.
2) Berupabrosur, websitehttp://sendratasik.fkip.unsyiah.ac.id/, danberbagaibukupanduan yang diterbitkanolehProgramStudiSendratasik.

3) Disosialisasikansecaralangsungkepadamahasiswabarudantamu dalam rangka monev, kuliah umum, audit AIMA yangberkunjungsertasemuapihakdanlembaga yang menjadimitrakerjasamaPS PendidikanSendratasik (Gambar 1.1)
Upayasosialisasi, visi, misi, dantujuan yang dilakukandiyakiniakanmemberikanpemahaman yang komprehensif(bukti angket) kepadasemuakomponen di PS PendidikanSendratasikUnsyiah, baikmahasiswa, stafdosen, maupuntenagapendukung.Pemahamanvisi, misi, dantujuanyang baik tersebutdiindikasikandarimuatankurikulum,capaian prestasimahasiswa,penelitiandosendanmahasiswa, serta program-programpengabdiankepadamasyarakat.

Gambar 1.1 Sosialisasi Visi Misi kepada Mahasiswa 2014

914 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini